Sejarah Menara Eiffel, Paris

Sejarah Menara Eiffel, Paris

Menara Eiffel (bahasa Perancis: Tour Eiffel) merupakan sebuah menara besi yang di bangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.

Kemegahan Eiffel ditunjukkan melalui acara pameran dunia pada hari ini 130 tahun yang lalu, tepatnya 6 Mei 1889. Melalui acara internasional itu, Perancis ingin menunjukan bangunan ikonik miliknya sebagai destinasi wisata yang baru dibuka enam hari sebelumnya.

Bangunan indah ini dirancang dengan cepat, dan terdapat banyak persiapan dan perencanaan untuk mendirikan Eiffel. Menara telah selesai dalam waktu singkat – 2 tahun, 2 bulan dan 5 hari – dan ditetapkan sebagai prestasi teknis yang sesungguhnya.

Dengan adanya bangunan ini di Paris, menjadikan negara ini sebagai salah satu destinasi liburan wisatawan dunia. Selain itu juga Paris memiliki tempat hiburan yang sangat terkenal diduni seperi arena bermain daftar agen bola terpercaya.

Sejarah Menara Eiffel, Paris

  • Tokoh kunci
  1. Desain 18.038 bagian logam
  2. 5.300 desain bengkel
  3. 50 insinyur dan desainer
  4. Konstruksi 150 pekerja di pabrik Levallois-Perret
  5. Antara 150 dan 300 pekerja di lokasi konstruksi
  6. 2.500.000 paku keling
  7. 7.300 ton besi
  8. 60 ton cat
  9. 5 lift
  10. Jangka waktu pembangunan 2 tahun, 2 bulan dan 5 hari
  • Jadwal konstruksi
  1. Pekerjaan dimulai pada 26 Januari 1887
  2. Mulai dari pemasangan pilar 1 Juli 1887
  3. Prestasi lantai pertama 1 April 1888
  4. Prestasi lantai dua 14 Agustus 1888
  5. Pencapaian puncak dan perakitan 31 Maret 1889

Dinamai sesuai perancangnya, insinyur Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia.Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis.

Menara ini pada awalnya direncanakan akan dibangun di Barcelona, sebagai wujud Pameran Universal pada tahun 1888 namun ditolak dengan alasan rancangan yang sangat aneh.

Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu pada tahun 1889.

Menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechelin.

5 Fakta Menarik Menara Eiffel

Fakta Menarik Menara Eiffel

  1. Seharusnya Hanya Berdiri Selama 20 Tahun. Menara ini seharusnya dirubuhkan pada tahun 1909 atau 20 tahun setelah berdiri. Tetapi karena menara ini memiliki antena radio yang berguna, pemerintah Paris mengurungkan niatnya untuk membongkar Menara Eiffel.
  2. Lif memang diperlukan untuk bangunan setinggi ini untuk mengangkut pelawat ke atas dan ke bawah. Tahukah anda semua lif Menara Eiffel ini jika dihitung jumlah kegunaan tahunannya adalah bersamaan dengan 2 setengah kali mengelilingi dunia atau lebih daripada 103,000 km.
  3. Sepupu dari Patung Liberty. Ketika perancang interior Patung Liberty meninggal secara tiba-tiba pada tahun 1879, Gustave Eiffel pun dipekerjakan sebagai penggantinya. Ia kemudian merancang sistem rangka penopang Patung Liberty.
  4. Sewaktu pembukaan rasmi Menara Eiffel, juruteranya “Gustave Eiffel” mendaki semua 1,710 anak tangga ke puncak menara untuk memacakkan sendiri bendera Perancis.
  5. Hendak Dihancurkan Hitler. Ketika Jerman menduduki Prancis saat Perang Dunia Kedua, Adolf Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz untuk menghancurkan Menara Eiffel dan bagian kota Paris lainnya. Untungnya von Choltitz menolak perintah tersebut.